Minggu, 11 Mei 2008

MANFAAT RUMPUT LAUT

Antikanker Rumput laut bermanfaat untuk mengobati penyakit kanker seperti, kanker payudara dan kanker usus. Tingginya tingkat konsumsi rumput laut berhubungan dengan rendahnya insiden kanker payudara wanita. Hal itu disebabkan oleh kandungan klorofil rumput laut yang bersifat antikarsinogenik. Semua rumput laut kaya akan kandungan serat yang dapat mencegah kanker usus besar. Serat dapat melancarkan pencernaan dengan membentuk zat seperti gelatin dalam usus halus dan meningkatkan kadar air dalam feses. Konsumsi serat dapat membantu metabolisme lemak sehingga menurunkan kadar kolesterol darah dan Gula darah.
Antioksidan Klorofil pada ganggang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.
Mencegah Kardiovaskular Para Ilmuwan Jepang mengungkap, ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.
Makanan Diet Kandungan serat(dietary fiber) pada rumput laut sangat tinggi. Serat ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga yang mengkonsumsi akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan.
Kandungan gizi rumput laut : Karbohidrat : 39 - 51 % ; Protein : 17,2 – 27,13 % ; Lemak : 0,08 ; Abu : 1.5 % ; Mineral : K, Ca, P, Na, Fe, I ; Vitamin : A, B1, B2, B6, B12, C (carotene)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar